Masalah di WhatsApp Sering Terjadi dan Solusi Mengatasinya

WhatsApp Error Hari Ini, Kenapa WhatsApp Pending, Cara Mengatasi WhatsApp Pending, WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan, Cara Memperbaiki WhatsApp Error.WhatsApp adalah salah satu aplikasi olahpesan yang paling populer di luar sana, dengan lebih dari 10 persen manusia secara aktif menggunakannya setiap bulannya. Dengan volume penggunaan ini, jelas akan banyak hal yang benar, tapi hari ini kita akan berkonsentrasi pada apa yang salah. Berikut adalah beberapa masalah WhatsApp yang paling umum di Android dan solusinya.

Masalah Tidak Bisa Menginstal WhatsApp

Untuk mendownload versi terbaru WhatsApp, Anda harus memiliki smartphone yang menjalankan Android versi 2.1 (pada tahun 2017, Android 2.1 dan 2.2 tidak akan didukung lagi) atau lebih tinggi. Anda dapat memeriksa versi Android ponsel Anda saat ini di Settings > About Phone.

Jika Anda mencoba menginstal aplikasi WhatsApp dari situs WhatsApp, Anda harus mengaktifkan Sumber Tak Dikenal di setelan keamanan Anda. Buka Pengaturan > Keamanan > Sumber Tak Dikenal untuk mengaktifkannya.

Masalah Tidak Mendapatkan Kode Aktivasi WhatsApp

Jika penginstalan berjalan lancar, namun pesan yang dihasilkan secara otomatis dengan kode aktivasi Anda tidak pernah muncul, pertama pastikan Anda memasukkan nomor Anda dengan benar. Periksa juga apakah Anda memilih negara yang tepat dari daftar drop-down. Ini adalah negara nomor telepon Anda dari, belum tentu negara tempat Anda tinggal.

Jika Anda masih tidak menerima kode tersebut, cobalah meminta panggilan suara. Dengan cara ini Anda akan memiliki kode yang dibaca oleh komputer melalui telepon.

Ingat, Anda harus memiliki kartu SIM untuk mendaftar WhatsApp. Selain itu, Anda hanya dapat menggunakan satu perangkat per nomor telepon.

Tidak Bisa Terhubung ke WhatsApp, WhatsApp Error Hari Ini, atau WhatsApp Sedang Down

Masalah koneksi WhatsApp biasanya disebabkan oleh Wi-Fi atau koneksi data jaringan Anda. Jika Anda tidak dapat mengirim pesan, berikut adalah beberapa solusi:

Pastikan ponsel Anda dinyalakan (satu untuk para pemula).
Instal versi terbaru aplikasi dari Play Store (tautan di atas).
Periksa koneksi internet Anda, Wi-Fi atau 3G (di Settings> Wireless and Network).
Pastikan aplikasi Task Killer tidak mempengaruhi WhatsApp.
Kosongkan cache aplikasi (Setelan> Aplikasi> WhatsApp> Bersihkan Cache).
Akhirnya, solusi yang paling ekstrem: uninstall app dan kemudian instal ulang.

Terkadang, bahkan WhatsApp yang hebat mengalami masalah server. Jika Anda berpikir WhatsApp tidak berfungsi karena layanan sedang down, maka pergilah ke akun Twitter Status WhatsApp, di mana update outage disediakan.

Masalah WhatsApp Tidak Mengenali Kontak Anda

Ada beberapa alasan mengapa WhatsApp tidak mengenali kontak Anda, jadi berikut ini adalah daftar periksa sederhana untuk memastikannya:

Pastikan Anda memiliki nomor kontak yang benar (yang mereka gunakan untuk WhatsApp).
Pastikan mereka saat ini menggunakan WhatsApp.
Pastikan Anda memiliki versi terbaru WhatsApp.
Dalam daftar kontak Anda, pastikan semua kontak Anda 'terlihat' dan / atau 'dapat dilihat'.
Dalam daftar kontak Anda, pastikan semua grup kontak Anda (teman, keluarga, rekan kerja, dll) diatur ke 'terlihat' dan / atau 'dapat dilihat'.

Masalah WhatsApp Memiliki Kontak Duplikat atau Ganda/Double

Meskipun masalah ini sebagian besar telah diberantas melalui pembaruan pada WhatsApp, jika Anda memiliki kontak duplikat di buku alamat Anda, hal itu mungkin berlanjut dalam beberapa cara. Cari tahu cara menghapus kontak duplikat di Android.

Masalah Kesalahan 'Tidak dapat memutar video' di WhatsApp

Untuk mencegah hal ini terjadi, ada dua hal yang bisa Anda coba. Pertama, periksa apakah Google Foto terbaru. Buka Play Store, tekan tombol menu hamburger di bagian kiri atas dan kemudian di My apps & games, dan lihat apakah Google Foto ada di bagian atas halaman, menunggu pembaruan.

Jika itu tidak membantu, solusi lain adalah pergi ke Settings> Apps / Application manager> Google+ dan tekan pada Uninstall updates.

Apa arti 'Terlihat Terakhir' di WhatsApp?

Stempel Waktu Terlihat Terakhir memberitahu Anda saat pengguna terakhir menggunakan WhatsApp. Ini tidak berarti bahwa mereka telah membaca pesan Anda, hanya saja mereka membuka aplikasi.

Ketika Anda berada di WhatsApp dan salah satu kontak Anda juga membukanya, Anda akan melihat status mereka berubah menjadi 'Online', tapi sekali lagi, ini tidak berarti mereka melihat pesan Anda, hanya saja mereka menggunakan WhatsApp.

Masalah Tidak Bisa Melihat 'Last See' di WhatsApp

Jika Anda tidak dapat melihat cap waktu Terlihat Terakhir dalam percakapan, bisa jadi karena sejumlah alasan. Jika Anda telah menonaktifkan waktu Terlihat Terakhir di Setelan> Akun> Privasi> Terakhir Dilihat, Anda juga tidak akan dapat melihat waktu Terlihat Terakhir orang lain.

Jika masalahnya hanya dengan satu atau beberapa kontak, berarti itu mungkin berarti bahwa mereka telah menonaktifkan waktu Terlihat Terakhir di setting WhatsApp mereka. Jika mereka masih menerima dan menanggapi pesan Anda, hal ini hampir pasti terjadi.

Alasan terakhir adalah kontak telah memblokir Anda. Jika pesan Anda tidak pernah melewati tanda centang abu-abu, maka ini akan membuatnya lebih pasti bahwa Anda telah diblokir, dan jika Anda tidak dapat melihat perubahan pada profil kontak, Anda pasti sudah diblokir. Banyak permintaan maaf.

Masalah di WhatsApp Sering Terjadi dan Solusi Mengatasinya

Apa arti tanda cek biru di WhatsApp?

Ada banyak kebingungan tentang apa dua cek (atau tanda centang) di jendela pesan WhatsApp Anda berarti. Jika Anda ingin rincian lengkap semua tanda di WhatsApp, lihat rinci kami Apa arti tanda centang WhatsApp? sebuah artikel, yang juga mencakup tanda mikrofon untuk pesan audio.

Berikut adalah ringkasan singkatnya:

Simbol jam berarti pesan Anda belum dikirim dari perangkat Anda.
Satu centang abu-abu berarti pesan telah dikirim dan telah diterima oleh server WhatsApp.
Dua kutu abu-abu berarti pesan telah dikirim ke perangkat yang dimaksud.
Dua kutu biru berarti penerima / penerima telah melihat pesannya. (Dalam percakapan kelompok, ini berarti bila semua peserta dalam kelompok telah melihat pesannya.)

Masalah Dengan Panggilan Suara atau Tidak Bisa Menjawab Panggilan WhatsApp

Jika Anda mengalami panggilan suara berkualitas rendah, putus sekolah atau Anda tidak dapat melakukan atau menerima panggilan, hampir pasti terkait dengan koneksi Anda. Panggilan suara dilakukan melalui Wi-Fi atau data mobile. Pastikan koneksi Anda kuat. Jika Anda menggunakan data seluler, Anda memerlukan setidaknya 3G. Mungkin juga mencoba melepaskan dan menghubungkan kembali ke jaringan. Masalahnya mungkin tidak sampai Anda berakhir: orang yang Anda ajak bicara juga perlu memastikan mereka memiliki koneksi yang baik.

Tidak Dapat Mendengar Pesan Audio atau WhatsApp Didak Dapat Memutar Audio

Hal ini bisa dikaitkan dengan sensor jarak yang diandalkan WhatsApp. Ditemukan di dekat kamera menghadap ke depan pada telepon Anda dan mendeteksi saat Anda memegang telepon Anda ke telinga Anda. Jika sensor diaktifkan, audio akan diputar melalui speaker telinga dengan sangat pelan. Pastikan telepon Anda tetap jauh dari wajah Anda, dan audio harus diputar melalui speaker normal. Periksa untuk memastikan volume juga dinyalakan.

Masalah Tidak Bisa Mendownload Video atau Foto di WhatsApp

Kunjungi Pengaturan > Penggunaan data dan lihat apakah Anda hanya mengaktifkan download otomatis media saat Anda menggunakan Wi-Fi. Jika ya, Anda perlu terhubung ke jaringan Wi-Fi atau mengaktifkan download otomatis pada data mobile dan / atau saat roaming.

Kelambatan, seperti yang sering terjadi, adalah me-restart router Anda jika Anda menggunakan Wi-Fi dan menghidupkan ulang telepon Anda juga.

Masalah Tidak Bisa Menyimpan Foto untuk Dikirim ke Kontak Lain

Cara ini dilakukan telah berubah. Tekan lama pada gambar di obrolan yang ingin Anda bagikan, dan di kanan atas halaman, panah yang menghadap kanan akan muncul. Tekan ini, dan Anda dapat memilih kontak yang ingin Anda bagikan dengan gambar.

Apa yang harus saya lakukan jika ponsel saya hilang atau dicuri?

Pertama, kunci kartu SIM Anda dengan menghubungi operator Anda. Ini harus selalu menjadi langkah pertama Anda. Setelah ini selesai, WhatsApp tidak bisa lagi diaktifkan pada perangkat itu. Begitu Anda memiliki SIM baru (mungkin dengan nomor yang sama), Anda dapat mengaktifkan kembali WhatsApp di telepon baru Anda.

Sementara itu, kirim pesan kepada WhatsApp yang meminta mereka untuk menonaktifkan akun Anda. Kirimkan email dengan subjek "Hilang / Dicuri: Tolong nonaktifkan akun saya" ke support@whatsapp.com, dan sertakan nomor telepon Anda (lengkap dengan kode panggilan internasional) di badan email. Jika Anda tidak melakukan ini, WhatsApp masih dapat digunakan melalui Wi-Fi.

Pemberitahuan "Anda mungkin memiliki pesan baru"

Terkadang terjadi bahwa Anda akan menerima pemberitahuan dari WhatsApp yang menyatakan, "Anda mungkin memiliki pesan baru". Anda mungkin bingung dengan pesan yang agak kabur dan samar ini, terutama saat Anda membuka WhatsApp dan tidak melihat ada pemberitahuan baru. Penjelasannya cukup sederhana! WhatsApp menggunakan notifikasi push untuk memberi tahu Anda tentang pesan namun menggunakan saluran yang berbeda untuk menyampaikan pesan yang sebenarnya. Jika Anda berada di area dengan koneksi data / wifi yang buruk atau rendah, jaringan akan dapat mengirimkan notifikasi push namun bukan pesan sebenarnya. Masalah ini terkadang terjadi saat Anda menghidupkan mode penghemat data pada ponsel cerdas Anda. Sekarang mungkin ada masalah sebenarnya dengan WhatsApp yang dapat menyebabkan pemberitahuan ini muncul, namun kemungkinan besar terkait dengan koneksi data yang buruk.

Masalah lain dengan WhatsApp

Jika Anda mengalami masalah lain dengan WhatsApp yang tidak terdaftar di sini, beri tahu kami. Jika Anda memiliki lebih banyak pertanyaan, Anda dapat melihat forum kami atau meninggalkan permintaan Anda di komentar di bawah ini dan kami akan memperbarui artikel ini dengan lebih banyak solusi untuk masalah WhatsApp Anda.

No comments

Powered by Blogger.