Cara Mengatasi Audio / Speaker di Samsung Galaxy A6 dan A6+ yang Tidak Berfungsi
Cara Mengatasi Masalah Audio / Speaker Smasung Galaxy A6 Tidak Berfungsi - Tidak ada suara dan masalah audio lainnya pada Samsung Galaxy A6 / A6 Plus dan smartphone lainnya dapat dikaitkan dengan berbagai faktor termasuk infeksi malware, gangguan aplikasi, pembaruan yang salah, pengaturan audio yang salah konfigurasi, dan dalam kasus terburuk, kerusakan perangkat keras. Pelajari apa yang harus dilakukan setiap kali Anda mengalami masalah serupa di Galaxy A6 / A6 Plus Anda dengan bantuan artikel ini. Anda akan mendapatkan informasi cara memperbaiaki Speaker atau audio di Samsung Galaxy A6 / A6 Plus, cara soft reset, dan factory reset.
Tambahan: Anda bisa menggunakan solusi ini untuk mengatasi speaker / audio pada smartphone Samsung Galaxy yang lain seperi Galaxy S6, S7, S8, S9, J2, J5, J6, J7, dan J8.
Tambahan: Anda bisa menggunakan solusi ini untuk mengatasi speaker / audio pada smartphone Samsung Galaxy yang lain seperi Galaxy S6, S7, S8, S9, J2, J5, J6, J7, dan J8.
Cara Mengatasi Audio / Speaker di Samsung Galaxy A6 dan A6+ yang Tidak Berfungsi
Apa yang menyebabkan Galaxy A6 / A6 Plus Anda kehilangan output audio atau suara?
Masalah suara tampaknya menjadi salah satu masalah umum yang dihadapi oleh banyak pengguna perangkat Galaxy terutama setelah menginstal pembaruan OS Android. Ternyata pembaruan secara otomatis menonaktifkan opsi audio atau suara untuk aplikasi tertentu, nada dering, dan pemberitahuan. Ini dapat terjadi pada perangkat Anda setelah menginstal pembaruan untuk aplikasi atau Android sendiri. Selain masalah perangkat lunak, debu dan kotoran menyumbat saluran keluaran suara ponsel seperti jack headphone dan speaker juga bisa menjadi penyebabnya. Dengan adanya faktor-faktor ini, kinerja audio keseluruhan ponsel Anda mungkin terpengaruh. Selain masalah perangkat lunak dan kotoran pada speaker atau headphone jack, fungsi suara Galaxy A6 / A6 Plus juga dapat mengalami kerusakan karena beberapa komponen buruk atau kerusakan perangkat keras. Ini sering terjadi jika Anda menjatuhkan ponsel dengan keras atau membuatnya basah. Kemungkinan besar ponsel Anda mengalami kerusakan fisik atau cairan dari kejadian sebelumnya. Gejala kerusakan perangkat keras mungkin tidak segera muncul, tetapi jika ponsel Anda masuk ke salah satu keadaan ini, maka Anda tidak boleh mengabaikan kemungkinan ini. Untuk membantu Anda menentukan apakah masalah suara pada Galaxy A6 / A6 Plus Anda disebabkan oleh kerusakan fisik atau cairan pada komponen audio yang relevan, cobalah untuk memecahkan masalah perangkat lunak terlebih dahulu. Jika tidak ada solusi yang dapat memperbaiki masalah, maka itulah saat Anda perlu mempertimbangkan untuk meminta ponsel Anda dinilai secara hati-hati oleh teknisi.
Solusi potensial untuk masalah audio / speaker di Galaxy A6 dan A6 Plus Anda
Pendekatan yang disarankan dalam memecahkan masalah terkait perangkat lunak di perangkat seluler adalah memikirkan apa yang terjadi sebelum permulaan masalah. Ini berarti Anda harus mundur dari perubahan yang Anda buat dan tindakan yang dilakukan ke ponsel Anda sebelum mulai kehilangan suara atau menunjukkan gejala audio lainnya. Setelah Anda menemukan penyebabnya, Anda dapat melanjutkan dan bekerja langsung pada solusi. Namun, hanya ada beberapa contoh ketika masalah baru terjadi pada perangkat Anda dan Anda tidak bisa mengidentifikasi penyebab yang mendasarinya. Dalam hal ini, Anda dapat mencoba memperbaiki masalah menggunakan pendekatan pemecahan masalah coba-coba. Yang harus Anda lakukan adalah mencoba semua solusi yang berlaku kemudian menguji perangkat Anda untuk mengetahui hasilnya. Untuk memberi Anda lebih banyak masukan, berikut adalah daftar solusi standar dan solusi yang relevan untuk Anda coba.
Sebelum Anda mencoba solusi di bawah, pastikan untuk membersihkan jack headphone. Coba masukkan headphone ke jack headphone lalu keluarkan, ulangi prosesnya setidaknya lima kali. Melakukannya dapat membantu mengeluarkan kotoran atau debu yang mungkin ada di dalam jack headphone. Atau Anda dapat menggunakan sikat gigi bekas untuk menyikat dermaga musik selama beberapa menit.
Jika ini tidak berhasil, lanjutkan dengan solusi berikut ini. Jangan lupa untuk menguji fungsi audio atau suara ponsel Anda setelah melakukan masing-masing metode sehingga Anda akan tahu apakah masalahnya sudah diperbaiki atau belum.
1. Restart telepon Anda (soft reset)
Banyak masalah terkait perangkat lunak di perangkat seluler diperbaiki dengan restart atau soft reset sederhana. Ini adalah salah satu solusi yang direkomendasikan pertama untuk gangguan acak yang terjadi di berbagai jenis perangkat seluler termasuk Galaxy A6 / A6 Plus. Jadi jika ini terjadi menjadi contoh pertama ketika Anda melihat ponsel Anda tidak mengeluarkan suara apa pun, maka Anda harus memberikan soft reset mencoba kemudian melihat apa yang terjadi.
Untuk melakukan soft reset pada Galaxy A7 Anda, cukup tekan tombol Power selama beberapa detik hingga ponsel mati. Setelah 30 detik, tekan kembali tombol Daya untuk memulai ulang.
Sebagai alternatif, Anda dapat melakukan restart paksa dengan menahan tombol Daya dan tombol Volume Turun secara bersamaan selama sekitar 7 detik hingga logo Samsung muncul. Ponsel Anda kemudian siklus daya.
Tidak satu pun dari mulai ulang ini akan memengaruhi data ponsel Anda selama dilakukan dengan benar sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan informasi pribadi Anda.
2. Verifikasi dan pastikan pengaturan suara dikonfigurasi dengan benar
Terkadang, pengaturan suara termasuk level volume secara otomatis berubah setelah menginstal aplikasi baru, atau pembaruan perangkat lunak pada perangkat Anda. Untuk memastikan semuanya sudah diatur dengan benar, hati-hati untuk memverifikasi pengaturan audio di Galaxy A6 / A6 Plus Anda.
Untuk melakukannya, buka panel Pemberitahuan lalu arahkan ke menu Pengaturan> Suara. Periksa pengaturan volume, nada dering, pemberitahuan, dan fitur audio lainnya dan pastikan semuanya sudah dikonfigurasi dengan benar.
Hal lain yang dapat Anda coba kerjakan adalah pengaturan Aksesibilitas. Untuk mengakses meu ini, buka Apps> Settings> Accessibility> Hearing. Kemudian periksa untuk memastikan apakah opsi untuk mematikan semua opsi suara tidak dipilih. Jika dipilih, itu mematikan suara yang dibuat oleh telepon selama ketukan, pilihan, dan pemberitahuan. Hapus opsi ini jika perlu.
Restart ponsel Anda setelah melakukan perubahan yang diperlukan untuk pengaturan ini kemudian coba untuk melihat apakah suara berfungsi baik lagi.
3. Periksa suara / fungsi audio dalam mode aman
melakukan boot ke mode aman dapat membantu Anda mengisolasi atau menentukan apakah masalah dipicu oleh aplikasi pihak ketiga atau tidak pada perangkat Anda. Hanya aplikasi stok yang dapat dijalankan dalam mode ini.
Coba uji fungsi audio ponsel Anda saat dalam mode aman. Jika masalah tidak terjadi atau suara Anda berfungsi sebagaimana mestinya, hapus instalan aplikasi pihak ketiga terutama yang Anda curigai menimbulkan masalah. Anda dapat mencoba mencopot pemasangan aplikasi yang lebih baru (secara individual) yang telah Anda unduh, lalu lihat apakah itu memperbaiki masalah.
Untuk mencopot pemasangan aplikasi pihak ketiga, buka Aplikasi> Pengaturan> Manajer Aplikasi. Kemudian pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dan klik Uninstall untuk mengonfirmasi.
4. Verifikasi dan pastikan Bluetooth dimatikan
Saat Bluetooth diaktifkan di Galaxy A6 / A6 Plus Anda, mungkin output audio diatur ke perangkat Bluetooth seperti stereo mobil, headset, atau speaker. Tak perlu dikatakan, Anda tidak akan mendengar suara apa pun yang berasal dari ponsel Anda dalam kasus ini. Untuk mengesampingkan hal ini dari kemungkinan penyebabnya, Anda dapat menonaktifkan Bluetooth di ponsel Anda dengan mencoba kembali menguji keluaran audio.
Untuk menonaktifkan Bluetooth, buka Aplikasi> Pengaturan> menu Bluetooth, lalu ketuk tombol Bluetooth untuk menyalakan atau mematikannya.
Anda juga dapat mematikan Bluetooth dengan mengakses panel notifikasi di Galaxy A6 / A6 Plus Anda. Untuk melakukannya, cukup geser ke bawah pada bilah status di perangkat Anda. Setelah berada di panel, cukup ketuk ikon Bluetooth untuk menghidupkan atau mematikannya. Sekali lagi Anda harus mematikan Bluetooth dalam hal ini.
Setelah melakukan perubahan pada pengaturan Bluetooth Anda, hidupkan kembali ponsel Anda kemudian coba untuk melihat apakah fungsi-fungsi suara telah berfungsi sebagaimana mestinya.
5. Periksa pembaruan perangkat lunak yang tersedia untuk dipasang
Menginstal pembaruan perangkat lunak mungkin diperlukan terutama jika masalah disebabkan oleh beberapa bug atau malware yang menghuni dan merusak fungsi sistem di ponsel. Selain membawa fitur baru dan yang disempurnakan, pembaruan perangkat lunak juga berisi perbaikan bug untuk mengatasi masalah yang ada termasuk masalah suara pada Galaxy A6 / A6 Plus.
Untuk memeriksa pembaruan yang tersedia, buka Pengaturan-> Tentang perangkat> menu Pembaruan Perangkat Lunak.
Atau ikuti langkah-langkah ini sebagai gantinya:
Anda akan melihat pemberitahuan jika pembaruan tersedia. Jika ada, cadangkan data Anda untuk disimpan kemudian ikuti petunjuk pada layar untuk melanjutkan dengan pengunduhan dan pemasangan pembaruan.
6. Setel ulang pabrik / Master reset
Penyetelan ulang master atau pengembalian ke setelan pabrik dapat dianggap sebagai opsi terakhir jika Anda mencapai titik ini dengan masalah tidak ada suara yang sama yang bertahan di ponsel. Masalahnya mungkin terlalu rumit dan karena itu memerlukan solusi yang lebih maju. Pengaturan ulang ini akan sepenuhnya menghapus semua data Anda dari perangkat Anda dan mengembalikan opsi standar pabrik. Prosesnya bisa membosankan dan bisa memakan waktu lama terutama jika Anda sudah menyimpan banyak konten di perangkat Anda. Tapi sekali lagi, mungkin patut dicoba.
Sebelum melanjutkan, pastikan Anda mencadangkan setiap informasi penting yang Anda miliki di perangkat Anda. Setelah semuanya diatur, ikuti langkah-langkah ini:
Ponsel Anda akan restart. Setelah benar-benar boot, coba untuk menguji fungsi suara dan lihat apakah masalahnya sudah diperbaiki.
Baca juga: Fitur Tersembunyi Samsung Galaxy A6 yang Belum di Ketahui dan Cara Menggunakannya
Masalah suara tampaknya menjadi salah satu masalah umum yang dihadapi oleh banyak pengguna perangkat Galaxy terutama setelah menginstal pembaruan OS Android. Ternyata pembaruan secara otomatis menonaktifkan opsi audio atau suara untuk aplikasi tertentu, nada dering, dan pemberitahuan. Ini dapat terjadi pada perangkat Anda setelah menginstal pembaruan untuk aplikasi atau Android sendiri. Selain masalah perangkat lunak, debu dan kotoran menyumbat saluran keluaran suara ponsel seperti jack headphone dan speaker juga bisa menjadi penyebabnya. Dengan adanya faktor-faktor ini, kinerja audio keseluruhan ponsel Anda mungkin terpengaruh. Selain masalah perangkat lunak dan kotoran pada speaker atau headphone jack, fungsi suara Galaxy A6 / A6 Plus juga dapat mengalami kerusakan karena beberapa komponen buruk atau kerusakan perangkat keras. Ini sering terjadi jika Anda menjatuhkan ponsel dengan keras atau membuatnya basah. Kemungkinan besar ponsel Anda mengalami kerusakan fisik atau cairan dari kejadian sebelumnya. Gejala kerusakan perangkat keras mungkin tidak segera muncul, tetapi jika ponsel Anda masuk ke salah satu keadaan ini, maka Anda tidak boleh mengabaikan kemungkinan ini. Untuk membantu Anda menentukan apakah masalah suara pada Galaxy A6 / A6 Plus Anda disebabkan oleh kerusakan fisik atau cairan pada komponen audio yang relevan, cobalah untuk memecahkan masalah perangkat lunak terlebih dahulu. Jika tidak ada solusi yang dapat memperbaiki masalah, maka itulah saat Anda perlu mempertimbangkan untuk meminta ponsel Anda dinilai secara hati-hati oleh teknisi.
Solusi potensial untuk masalah audio / speaker di Galaxy A6 dan A6 Plus Anda
Pendekatan yang disarankan dalam memecahkan masalah terkait perangkat lunak di perangkat seluler adalah memikirkan apa yang terjadi sebelum permulaan masalah. Ini berarti Anda harus mundur dari perubahan yang Anda buat dan tindakan yang dilakukan ke ponsel Anda sebelum mulai kehilangan suara atau menunjukkan gejala audio lainnya. Setelah Anda menemukan penyebabnya, Anda dapat melanjutkan dan bekerja langsung pada solusi. Namun, hanya ada beberapa contoh ketika masalah baru terjadi pada perangkat Anda dan Anda tidak bisa mengidentifikasi penyebab yang mendasarinya. Dalam hal ini, Anda dapat mencoba memperbaiki masalah menggunakan pendekatan pemecahan masalah coba-coba. Yang harus Anda lakukan adalah mencoba semua solusi yang berlaku kemudian menguji perangkat Anda untuk mengetahui hasilnya. Untuk memberi Anda lebih banyak masukan, berikut adalah daftar solusi standar dan solusi yang relevan untuk Anda coba.
Sebelum Anda mencoba solusi di bawah, pastikan untuk membersihkan jack headphone. Coba masukkan headphone ke jack headphone lalu keluarkan, ulangi prosesnya setidaknya lima kali. Melakukannya dapat membantu mengeluarkan kotoran atau debu yang mungkin ada di dalam jack headphone. Atau Anda dapat menggunakan sikat gigi bekas untuk menyikat dermaga musik selama beberapa menit.
Jika ini tidak berhasil, lanjutkan dengan solusi berikut ini. Jangan lupa untuk menguji fungsi audio atau suara ponsel Anda setelah melakukan masing-masing metode sehingga Anda akan tahu apakah masalahnya sudah diperbaiki atau belum.
1. Restart telepon Anda (soft reset)
Banyak masalah terkait perangkat lunak di perangkat seluler diperbaiki dengan restart atau soft reset sederhana. Ini adalah salah satu solusi yang direkomendasikan pertama untuk gangguan acak yang terjadi di berbagai jenis perangkat seluler termasuk Galaxy A6 / A6 Plus. Jadi jika ini terjadi menjadi contoh pertama ketika Anda melihat ponsel Anda tidak mengeluarkan suara apa pun, maka Anda harus memberikan soft reset mencoba kemudian melihat apa yang terjadi.
Untuk melakukan soft reset pada Galaxy A7 Anda, cukup tekan tombol Power selama beberapa detik hingga ponsel mati. Setelah 30 detik, tekan kembali tombol Daya untuk memulai ulang.
Sebagai alternatif, Anda dapat melakukan restart paksa dengan menahan tombol Daya dan tombol Volume Turun secara bersamaan selama sekitar 7 detik hingga logo Samsung muncul. Ponsel Anda kemudian siklus daya.
Tidak satu pun dari mulai ulang ini akan memengaruhi data ponsel Anda selama dilakukan dengan benar sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan informasi pribadi Anda.
2. Verifikasi dan pastikan pengaturan suara dikonfigurasi dengan benar
Terkadang, pengaturan suara termasuk level volume secara otomatis berubah setelah menginstal aplikasi baru, atau pembaruan perangkat lunak pada perangkat Anda. Untuk memastikan semuanya sudah diatur dengan benar, hati-hati untuk memverifikasi pengaturan audio di Galaxy A6 / A6 Plus Anda.
Untuk melakukannya, buka panel Pemberitahuan lalu arahkan ke menu Pengaturan> Suara. Periksa pengaturan volume, nada dering, pemberitahuan, dan fitur audio lainnya dan pastikan semuanya sudah dikonfigurasi dengan benar.
Hal lain yang dapat Anda coba kerjakan adalah pengaturan Aksesibilitas. Untuk mengakses meu ini, buka Apps> Settings> Accessibility> Hearing. Kemudian periksa untuk memastikan apakah opsi untuk mematikan semua opsi suara tidak dipilih. Jika dipilih, itu mematikan suara yang dibuat oleh telepon selama ketukan, pilihan, dan pemberitahuan. Hapus opsi ini jika perlu.
Restart ponsel Anda setelah melakukan perubahan yang diperlukan untuk pengaturan ini kemudian coba untuk melihat apakah suara berfungsi baik lagi.
3. Periksa suara / fungsi audio dalam mode aman
melakukan boot ke mode aman dapat membantu Anda mengisolasi atau menentukan apakah masalah dipicu oleh aplikasi pihak ketiga atau tidak pada perangkat Anda. Hanya aplikasi stok yang dapat dijalankan dalam mode ini.
- Matikan telepon Anda terlebih dahulu.
- Tekan dan tahan tombol Daya selama beberapa detik.
- Saat logo Samsung muncul, lepaskan tombol Power lalu segera tahan tombol Volume Turun.
- Tetap menahan tombol Volume Turun hingga ponsel menyala ulang.
- Ketika ponsel Anda boot, Anda akan melihat label Safe Mode di sudut kiri bawah layar.
Coba uji fungsi audio ponsel Anda saat dalam mode aman. Jika masalah tidak terjadi atau suara Anda berfungsi sebagaimana mestinya, hapus instalan aplikasi pihak ketiga terutama yang Anda curigai menimbulkan masalah. Anda dapat mencoba mencopot pemasangan aplikasi yang lebih baru (secara individual) yang telah Anda unduh, lalu lihat apakah itu memperbaiki masalah.
Untuk mencopot pemasangan aplikasi pihak ketiga, buka Aplikasi> Pengaturan> Manajer Aplikasi. Kemudian pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dan klik Uninstall untuk mengonfirmasi.
4. Verifikasi dan pastikan Bluetooth dimatikan
Saat Bluetooth diaktifkan di Galaxy A6 / A6 Plus Anda, mungkin output audio diatur ke perangkat Bluetooth seperti stereo mobil, headset, atau speaker. Tak perlu dikatakan, Anda tidak akan mendengar suara apa pun yang berasal dari ponsel Anda dalam kasus ini. Untuk mengesampingkan hal ini dari kemungkinan penyebabnya, Anda dapat menonaktifkan Bluetooth di ponsel Anda dengan mencoba kembali menguji keluaran audio.
Untuk menonaktifkan Bluetooth, buka Aplikasi> Pengaturan> menu Bluetooth, lalu ketuk tombol Bluetooth untuk menyalakan atau mematikannya.
Anda juga dapat mematikan Bluetooth dengan mengakses panel notifikasi di Galaxy A6 / A6 Plus Anda. Untuk melakukannya, cukup geser ke bawah pada bilah status di perangkat Anda. Setelah berada di panel, cukup ketuk ikon Bluetooth untuk menghidupkan atau mematikannya. Sekali lagi Anda harus mematikan Bluetooth dalam hal ini.
Setelah melakukan perubahan pada pengaturan Bluetooth Anda, hidupkan kembali ponsel Anda kemudian coba untuk melihat apakah fungsi-fungsi suara telah berfungsi sebagaimana mestinya.
5. Periksa pembaruan perangkat lunak yang tersedia untuk dipasang
Menginstal pembaruan perangkat lunak mungkin diperlukan terutama jika masalah disebabkan oleh beberapa bug atau malware yang menghuni dan merusak fungsi sistem di ponsel. Selain membawa fitur baru dan yang disempurnakan, pembaruan perangkat lunak juga berisi perbaikan bug untuk mengatasi masalah yang ada termasuk masalah suara pada Galaxy A6 / A6 Plus.
Untuk memeriksa pembaruan yang tersedia, buka Pengaturan-> Tentang perangkat> menu Pembaruan Perangkat Lunak.
Atau ikuti langkah-langkah ini sebagai gantinya:
- Ketuk Aplikasi dari layar Utama.
- Ketuk Pengaturan.
- Pilih Pembaruan perangkat lunak atau Tentang Perangkat-> Pembaruan perangkat lunak.
Anda akan melihat pemberitahuan jika pembaruan tersedia. Jika ada, cadangkan data Anda untuk disimpan kemudian ikuti petunjuk pada layar untuk melanjutkan dengan pengunduhan dan pemasangan pembaruan.
6. Setel ulang pabrik / Master reset
Penyetelan ulang master atau pengembalian ke setelan pabrik dapat dianggap sebagai opsi terakhir jika Anda mencapai titik ini dengan masalah tidak ada suara yang sama yang bertahan di ponsel. Masalahnya mungkin terlalu rumit dan karena itu memerlukan solusi yang lebih maju. Pengaturan ulang ini akan sepenuhnya menghapus semua data Anda dari perangkat Anda dan mengembalikan opsi standar pabrik. Prosesnya bisa membosankan dan bisa memakan waktu lama terutama jika Anda sudah menyimpan banyak konten di perangkat Anda. Tapi sekali lagi, mungkin patut dicoba.
Sebelum melanjutkan, pastikan Anda mencadangkan setiap informasi penting yang Anda miliki di perangkat Anda. Setelah semuanya diatur, ikuti langkah-langkah ini:
- Matikan telepon Anda dengan menekan tombol Daya sampai mati.
- Tekan dan tahan tombol Volume Naik, Rumah, dan Daya secara bersamaan selama beberapa detik atau hingga Anda melihat logo Samsung.
- Kemudian tekan tombol Volume Turun untuk menyorot atau pilih Hapus data / pengaturan ulang pabrik dari opsi menu pemulihan.
- Tekan tombol Daya untuk mengonfirmasi pilihan.
- Selanjutnya, tekan tombol Volume untuk memilih Ya - hapus semua opsi data pengguna, lalu tekan tombol Daya untuk mengonfirmasi pilihan.
- Terakhir, gunakan tombol Volume untuk menyorot atau pilih opsi Reboot sekarang, lalu tekan tombol Daya untuk mengonfirmasi.
Ponsel Anda akan restart. Setelah benar-benar boot, coba untuk menguji fungsi suara dan lihat apakah masalahnya sudah diperbaiki.
Baca juga: Fitur Tersembunyi Samsung Galaxy A6 yang Belum di Ketahui dan Cara Menggunakannya
Apa yang harus dilakukan jika masalah suara berlanjut setelah master reset?
Jika masalah berlanjut atau Galaxy A6 / A6 Plus Anda masih tidak memiliki suara setelah menerapkan solusi standar dan penyelesaian yang berlaku, maka pada titik ini Anda dapat mempertimbangkan untuk menghubungi Dukungan Samsung untuk bantuan dan rekomendasi lebih lanjut. Soal eskalasi juga diperlukan terutama jika masalah mulai terjadi setelah instalasi pemutakhiran. Melakukannya dapat membantu tim Dukungan menandai masalah di antara masalah pasca-pembaruan lainnya untuk ditangani dalam peluncuran pembaruan firmware berikutnya.
Itulah cara mengatasi masalah speaker di Samsung Galaxy A6 / A6 Plus.
Jika masalah berlanjut atau Galaxy A6 / A6 Plus Anda masih tidak memiliki suara setelah menerapkan solusi standar dan penyelesaian yang berlaku, maka pada titik ini Anda dapat mempertimbangkan untuk menghubungi Dukungan Samsung untuk bantuan dan rekomendasi lebih lanjut. Soal eskalasi juga diperlukan terutama jika masalah mulai terjadi setelah instalasi pemutakhiran. Melakukannya dapat membantu tim Dukungan menandai masalah di antara masalah pasca-pembaruan lainnya untuk ditangani dalam peluncuran pembaruan firmware berikutnya.
Itulah cara mengatasi masalah speaker di Samsung Galaxy A6 / A6 Plus.
Post a Comment